Oleh: wancik | Rabu, 13 Agustus 2008

Ilmu Material

Ilmu material atau teknik material atau ilmu bahan adalah sebuah interdisiplin ilmu teknik yang mempelajari sifat bahan dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur bahan dan sifatnya.

Termasuk ke dalam ilmu ini adalah unsur fisika terapan, teknik kimia, mesin, sipil dan listrik. Ilmu material juga mempelajari teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dan lain-lain), teknik analisa, kalorimetri, mikroskopi optik dan elektron, dan lain-lain), serta analisa biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri.

Perkembangan terakhir, ilmu tentang bahan ini mendapat sumbangan yang besar dari majunya bidang nanoteknologi dan mulai diajarkan secara luas di banyak universitas.

 

Sejarah

Dimulainya suatu era seringkali ditandai dengan mulai digunakannya suatu bahan baru pada suatu peradaban, misalnya jaman batu, era perunggu, dan era besi. Teknologi bahan bisa dikatakan merupakan salah satu teknologi yang paling tua dalam peradaban, dan merupakan pendahulu dari cabang teknologi lainnya.

 

Susunan Bahan

Suatu bahan terbentuk oleh 3 unsur dasar alamiah yaitu: Atom, Ion dan Molekul. Unsur dasar tersebut terikat satu dengan lainnya oleh adanya ikatan kimia.

Terdapat ± 100 macam zat kimia yang masing-masing tidak dapat dipecah menjadi zat lain, yang disebut unsur dasar. Unsur-unsur tersebut adalah: Oksigen (49.7%), Silicon (26.0%), Aluminium (7.3%), Besi (4.1%), Calsium (3.2%), Natrium (2.3%), Kalium (2.3%), Magnesium (2.1%), lainnya (2.8%).

Unsur dapat dibagi menjadi bagian yang sangat kecil. Bagian yang terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat yang sama dengan unsur induknya disebut atom.

 

Sifat Dasar Bahan

Suatu bahan akan bermanfaat apabila bahan tersebut memiliki sifat yang cocok untuk penggunaan tertentu. Suatu benda yang terkena pengaruh gaya atau energi dari luar akan memberikan reaksi, untuk menekan gaya luar tadi. Terjadinya reaksi dari bahan akan menimbulkan sifat-sifat tertentu. Kemampuan suatu bahan akan dapat diperkirakan apabila sifat-sifat bahan tersebut sudah diketahui. Pada umumnya ada 4 sifat dasar bahan yaitu:

1. sifat mekanis,

2. sifat termal,

3. sifat listrik,

4. sifat kimia.

 

Pengelompokan Bahan

Bahan-bahan yang sering kita jumpai terutama untuk keperluan teknik dibagi menjadi 4 kelompok.

1.      Kelompok Bahan Keramik

Ikatan kimianya: ikatan ion.

Ciri dan sifatnya: ikatan kimianya kuat, sukar pecah. Titik leleh tinggi. Daya hantar listrik dan panas buruk sekali. Tahan terhadap kimia dan tahan korosi.

Contoh bahannya: Batu alam, gelas, bahan keramik.

 

2.      Kelompok Bahan Logam

Ikatan kimianya: ikatan logam.

Ciri dan sifatnya: ikatan kimianya kuat, tetapi lebih rendah dari ikatan keramik. Titik leleh tinggi (lebih rendah keramik), bahannya liat tetapi keras. Daya hantar panas dan listrik baik. Kurang tahan terhadap kimia dan korosi.

Contoh bahannya: besi, aluminium, seng, tembaga.

 

3.      Kelompok Bahan Polimer

Ikatan kimianya: unsur dasar ikatan kovalen membentuk molekul dasar, ikatannya agak kuat, lebih rendah dari keramik.

Molekul dasar ini dapat bergabung lagi dengan yang lain biasa disebut Poly molekul atau Polimer.

Ciri dan sifatnya: keras sampai lunak, titik leleh rendah, tidak menghantar panas dan listrik, tahan kimia, kurang tahan sinar UV.

Contoh bahannya: plastik, karet.

 

4.      Kelompok Bahan Campuran/Komposit

Kelompok Bahan Campuran/Komposit ini sebagian besar adalah buatan manusia. Dibuat dari campuran 2 atau lebih bahan dasar untuk memenuhi kebutuhan akan bahan yang diperlukan dan memiliki sifat yang lebih baik dari bahan pembentuknya.

Ciri dan sifatnya: tergantung pada bahan dasarnya, jumlah bahan yang dominan.

Contoh bahannya: beton, beton bertulang, aspal beton.

 

Ref.:

1.      http://id.wikipedia.org

2.   Beni. TR, Ir, Bahan Bangunan, Pusbiktek, BPSDM, Departemen Pekerjaan Umum.


Responses

  1. struktur kristal pada masing-masing bahan dasar material tidak dicantumkan.sehingga kami kurang mampu untuk membandingkan tiap bahan tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: